Tips Mengamankan Password Dari Serangan Hacker

password
Password adalah sekumpulan karakter rahasia yang digunakan untuk memverifikasi identitas seorang user. Hal ini bertujuan agar hanya yang berhak saja yang dapat mengakses konten atau isi suatu halaman. Nah, bagaimana jika password kita diketahui oleh orang lain? Bagaimana jika password facebook kita diketahui oleh hacker? Mereka pasti akan mengacak-acak akun facebook kita. Oleh karena itu disini akan saya berikan tips mengamankan password agar terhindar dari serangan hacker.

Gunakan Kombinasi Huruf, Angka dan Simbol
Tak perlu diragukan lagi, kombinasi huruf, angka dan simbol menyulitkan pencuri untuk menebak password kita. Misalnya anda punya password : telorgoreng. Gantilah dengan : !t3l0r90r3n9!. Percayalah, ini sangatlah aman. Password anda akan sulit ditebak walaupun menggunakan tool-tool penebak password yang ada sekarang ini. (emang ada tool pencuri password? cari di inet ^^)

Gunakan Karakter Yang Tidak Berkaitan Dengan Identitas Anda
Jika anda adalah seorang dosen kelahiran 95 maka sebaiknya tidak menggunakan kombinasi password seperti: dosen95.  Karena jika si pencuri tau seluk beluk tentang anda maka ia akan lebih mudah menebak password anda.

Perhatikan Situasi Anda
Apakah ada seseorang yang minta duduk disebelah anda ketika anda sedang mengetikkan password? waspadalah karena bisa jadi dia adalah si pencuri.

Apakah Ada Software Pencuri di Komputer ?
Perhatikan sebelum anda memasukkan password apakah ada software pencuri seperti keylogger? Software seperti ini dapat merekam aktifitas keyboard anda termasuk password anda. Gunakan antivirus yang uptodate untuk mencegah keylogger hinggap di komputer anda.

Ganti Default Password Anda
Jika akun anda diberi default password seperti : admin, passwd, root. Maka segeralah mengganti password anda menggunakan kombinasi seperti point pertama. Hal ini mencegah pencuri untuk masuk dengan mudah menggunakan default password anda.

Tidak Menuliskan Password Anda Dimanapun
Sebaiknya anda tidak menuliskan password anda di kertas, catatan, file atau dimanapun. Menggunakan password dengan karakter yang panjang sangatlah baik tapi tidak ada artinya jika password tersebut anda tulis misalnya di selembar kertas karena keamanan password anda sudah berkurang.

Gunakan Password Yang Berbeda di Setiap Akun
Jika anda punya email dan akun facebook maka gunakan password yang berbeda untuk keduanya. Karena jika password email dan facebook anda sama maka pencuri akan mudah mengakses keduanya hanya dengan mengetahui salah satu password.

Demikianlah tips dari saya semoga bermanfaat dan jika anda masih bingung silahkan tinggalkan balasan di kolom komentar :-)

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar yang bermanfaat atau tanyakan sesuatu