Lynx Browser : Browsing Berbasis Teks

Lynx
Kita semua pasti sudah akrab dengan yang namanya firefox, internet explorer dan google chrome. Browser terkenal tersebut sudah mendunia sejak dulu. Namun anda mungkin belum tahu dengan yang namanya lynx browser. Lynx memang sejenis kucing liar sehingga saya memilih gambar seekor kucing untuk posting ini :-). Browser lynx yang satu ini memang unik. Kita hanya akan mendapatkan kumpulan teks saat browsing, tanpa gambar, flash, popup sedikitpun. Lalu apa yang menarik dari browser ini?



Kita bisa mendapatkan beberapa keuntungan saat browsing internet menggunakan lynx yang tidak akan kita dapatkan bila menggunakan browser lain. Beberapa keuntungan yang kita dapat adalah:
  1. Browsing Cepat. Karena hanya menampilkan teks maka kita hanya membutuhkan waktu lebih sedijit untuk membuka suatu alamat web.
  2. Browsing Aman. Semua hanyalah teks. Tidak ada gambar ataupun flash yang mengganggu. Sehingga kita lebih aman saat browsing karena website yang berisi tool jahat tidak dapat mengaktifkan toolnya.
  3. Ringan. Lynx adalah web browser berbasis DOS. Aplikasi ini hampir sama beratnya seperti membuka cmd, tidak banyak memakan sumber daya komputer kita.
Screenshot berikut adalah lynx browser yang saya gunakan untuk membuka blog ini. Klik gambar untuk memperbesar.

Karena lynx berbasis DOS sehingga kita harus tahu perintah untuk melakukan aktifitas browsing, diantaranya adalah: g untuk memasukkan url. Ketika membuka lynx ketikkan g lalu masukkan url alamat web yang ingin anda tuju lalu tekan enter.

Bagaimana, tertarik? (buat apa sih browsing teks doang :p) . Saya yakin browser ini pasti akan berguna suatu saat nanti khusunya bagi seorang web developer untuk memeriksa tampilan web mereka di mata spider bot (lynx). Untuk downloadnya klik disini

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar yang bermanfaat atau tanyakan sesuatu